Transformasi Bisnis Konvensional - Digital, Bagaimana Menyikapinya?

Transformasi Tren Bisnis Konvensional vs Digital
Digitalisasi membawa banyak perubahan dalam kehidupan kita. Hampir segala sesuatu bisa kita dapatkan melalui handphone dan jaringan internet. Hal ini pun memberi dampak pada perubahan trend bisnis yang semula dilakukan secara konvensional berubah menjadi transaksi digital. Mulai dari maraknya online shop dimana penjual cukup menampilkan barang dagangannya dalam website atau pun forum jual-beli di media sosial dan pembeli pun dapat dengan mudah menemukannya serta melakukan transaksi jual-beli saat itu juga.

Keunggulan Bisnis Online

Tidak disangkal lagi bahwa perkembangan teknologi sangat membantu dan mempermudah dalam memperoleh serangkaian kebutuhan setiap orang. Berbelanja secara online dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan. Anda tidak perlu bepergian untuk mendapatkan sebuah produk baik itu produk lokal, maupun produk impor. Bisnis online dapat menjangkau seluruh wilayah global yang menjadikannya sebagai penghancur batasan pasar. Dalam bisnis era global, semua orang dapat berbelanja produk apapun, dari mana pun bahkan telah didukung dengan metode pembayaran global oleh berbagai Bank di seluruh dunia melalui rekening digital yang disebut e-wallet. Selain itu, Anda tidak perlu membuka toko fisik yang mana akan menekan biaya operasional cukup besar. Dalam bisnis Online pun Anda tidak perlu terus-terusan menunggui toko Anda. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para karyawan untuk mencari nafkah sampingan.


Tips dalam menjalankan bisnis online

- Mencari suplier produk

Dengan adanya akses internet juga dapat mempermudah Anda dalam mencari suplier untuk produk yang ingin Anda jual. Anda bisa mencari dengan mudah dan mempertimbangkan berbagai aspek seperti kualitas, ketahanan, keamanan, lama dan biaya pengiriman. Harga produk murah mungkin sangat menarik, namun Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pengirimannya, maupun pajak barang (impor) agar produk yang Anda jual benar-benar memiliki nilai ekonomis tinggi.

- Mengobservasi pasar

Anda juga bisa mencari tahu seberapa berat persaingan, mencari ruang-ruang yang dapat Anda manfaatkan sebagai peluang. Sebagai contoh ketika Anda ingin membuka bisnis 3D Printing, Anda bisa mencari tahu seberapa tarif rata-rata yang diminta pesaing Anda di kota dan memperkirakan apa kelebihan yang bisa Anda berikan dibanding mereka. Baca tips memulai usaha sampingan.

- Mengutamakan pelayanan dan kemudahan

Globalisasi juga menyebabkan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Jika sebelumnya pelanggan hanya mengetahui toko Anda saja, bisa saja kini mereka menemukan toko lain yang serupa dengan toko Anda dengan beberapa keunggulan lain dan menyebabkan pelanggan Anda perlahan-lahan semakin banyak yang meninggalkan Anda. Oleh sebab itu, pelayanan dan kemudahan yang lebih unggul akan menjadi senjata ampuh bagi Anda untuk memenangkan persaingan dalam bisnis online.

- Menonjolkan keunikan

Selain pelayanan dan kemudahan, sebaiknya bisnis Anda memiliki ciri khas yang tidak dimiliki saingan Anda. Keunikan tersebut bisa dalam bentuk design toko online, kegiatan amal, komunitas, logo dengan makna tertentu, atau pun keunikan lain yang bisa meningkatkan kekuatan merek Anda. Karena dengan kekuatan merek bisa meningkatkan peringkat Anda dimata masyarakat dan dapat melonjakan pengunjung dan jumlah pelanggan.


Macam-macam bisnis online dan bisnis pendukungnya yang masih berpotensi baik.

1. Reseller

Meski globalisasi menyingkirkan batasan pasar, namun menjajakan ulang suatu produk bisa membawa keuntungan besar untuk Anda. Kembali pada poin kemudahan transaksi dan pelayanan, hal sederhana ini ternyata bernilai besar. Sebagai contoh jika Anda menjadi seorang reseller barang impor. Ada beberapa hal yang bisa menjadi keuntungan bagi Anda dalam menjalankan bisnis ini antara lain: kurangnya pengetahuan warga lokal terkait sistematika impor, takut mengenai pajak impor, dan kesulitan dalam melakukan pembayaran. Anda bisa mempelajari peluang bisnis reseller barang impor dalam artikel menjadi reseller barang impor ternyata mudah.

2. Produsen Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, kini hal itu menjadi buruan berharga bagi pengguna online shop. Berkat layanan online, kini banyak produsen kerajinan tangan lokal yang bisa go international. Ketertarikan pasar internasional terhadap produk buatan tangan asli Indonesia cukup tinggi karena kekuatan budaya Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Atau bahkan Anda sudah memiliki bisnis kerajinan tangan? Kini saatnya Anda membuat website dan menawarkan produk Anda pada dunia.
Contoh Kerajinan Tangan

3. Layanan Design Grafis dan Website

Dua hal ini sangatlah penting dalam bisnis online. Tanpa tampilan website yang menarik dan user friendly akan membuat pengunjung ingin segera keluar dari sana. Inilah mengapa tarif layanan Design Grafis dan Website saat ini menjadi cukup mahal. Ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan akan terus berkembang mengingat penggunaan internet saat ini pun semakin meningkat. Tiap harinya ada hampir jutaan website baru bermunculan di seluruh dunia. Sedikit tips mengenai bisnis ini sebaiknya Anda menjalankannya dalam sebuah tim.

4. Publisher Iklan dan Online Marketing

Selain ke tiga bisnis tersebut, salah satu bisnis yang cukup banyak diminati adalah publisher iklan dan online marketing karena bisnis ini bisa menghasilkan pendapatan pasif bagi Anda. Layanan Google AdSense menjadi pilihan utama para publisher iklan karena perhitungan pendapatan yang cukup besar dibanding layanan lain yang serupa. Jika Anda berminat, silahkan baca artikel mengenai cara menjadi publisher AdSense. Selain menjadi publisher iklan, Anda juga bisa mencoba Affiliate Marketing yang kurang lebih memiliki sistem sama, hanya saja dalam hal ini Anda memberikan referensi secara langsung tanpa melalui program ppc seperti google AdSense dan biasanya fee untuk affiliate marketing jauh lebih besar.

5. Kurir

Salah satu kelemahan bisnis online adalah ketergantungannya pada jasa pengiriman. Ini merupakan peluang yang sangat baik, meski saat ini telah ada layanan GO, namun layanan tersebut masih belum menjangkau seluruh daerah dan kalangan. Di beberapa daerah, layanan GO hanya beroperasi di kota pusat dan belum mencapai wilayah kecamatan dan layanan tersebut harus menggunakan aplikasi mobile yang mana memiliki keterbatasan antara lain pengguna harus mengetahui cara penggunaan aplikasinya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan pasar diluar layanan GO.


Perubahan tren bisnis konvensional menjadi bisnis digital memang membawa pengaruh besar dalam merubah pola jual-beli di masyarakat. Dengan adanya perubahan tersebut diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya menjadi peluang bisnis baru untuk mendukung perekonomian dalam negri. Berubah memang bukan hal yang mudah, namun diharapkan perubahan bisa membawa peluang baru dan kemajuan dalam kehidupan.



1 komentar so far

Reseller telah menjadi bisnis yang sangat diminati berbagai kalangan, dengan sistem dropship bisnis ini dianggap sangat minim risiko

Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih
EmoticonEmoticon