3/19/17

10 Mitos Kewirausahaan Dalam Masyarakat Ini Tidak Benar!!

| 3/19/17
10 mitos memulai bisnis ini salah!!
Banyak sekali di luar sana orang-orang mengaku ingin menjadi seorang wirausahawan tetapi mereka tidak kunjung memulainya karena beberapa mitos cukup sering kita dengar mengenai seorang wirausahawan. Jika kita telaah lebih jauh, beberapa mitos ini sesungguhnya tidak sepenuhnya benar, bahkan dapat dikatakan salah kaprah. 10 mitos inilah pada akhirnya menciutkan nyali para calon pengusaha sebelum mereka mencoba memulainya. Maka Anda sebaiknya benar-benar meyakini kemampuan diri sendiri.

Berikut 10 mitos yang salah tentang kewirausahaan dalam pandangan masyarakat:

1. Wirausaha harus punya bakat

Sering sekali kita mendengar mitos wirausaha ini ketika kita tanyakan pada mereka yang tak kunjung memulai usahanya. Mereka beralasan bahwa mereka tidak berbakat menjadi seorang wirausahawan.

Sesungguhnya bakat itu berasal dari 4 hal:
  • Pengalaman: Jika Anda tidak pernah mencoba sesuatu maka Anda tidak akan pernah mengetahui bakat Anda.
  • Pembelajaran: Dari setiap kegagalan yang Anda dapatkan melalui pengalaman, Anda akan belajar untuk bangkit dan memperbaikinya.
  • Hasrat: Semakin banyak dan sulitnya masalah yang dapat Anda selesaikan, akan muncul rasa kecintaan pada bidang tersebut yang membuat Anda semakin merasa nyaman menggelutinya.
  • Latihan: Dengan terus melatih kemampuan Anda dalam menganalisa dan memecahkan masalah, tanpa Anda sadari bahwa Anda telah menemukan bakat Anda.

2. Jiwa wirausaha didapat dari keturunan

Beberapa orang meyakini hal ini. Namun sebenarnya hal itu tidak jauh dari sekedar peran keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Tidak serta-merta seorang pengusaha sukses, anaknya akan menjadi pengusaha juga. Banyak sekali kisah-kisah inspiratif dapat kita temukan mengatakan bahwa kebanyakan orang-orang besar yang kita kenal berasal dari keluarga yang jauh berbeda. Salah satunya kisah Bapak Khairul Tanjung, atau Alm. Bapak Bob Sadino.

3. Harus bisa menemukan hal baru

Inovasi dalam bidang usaha itu cukup penting untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk untuk dihasilkan. Namun sebuah inovasi tidak datang dengan tiba-tiba tanpa adanya dasar pengetahuan. Kita contoh perusahaan yang saat ini sedang berada dipuncak kesuksesan yaitu Samsung. Yang mengawali terbentuknya smartphone berbasis touchscreen adalah perusahaan Apple, namun Samsung berani meniru jenis produk mereka dengan mempelajarinya terlebih dahulu. Meski pada awalnya mereka belum bisa mengalahkan produk dari Apple, namun dengan belajar dari pengalaman dan keberanian untuk memulai, mereka semakin mampu bersaing dengan produk Apple dan bahkan saat ini Samsung telah menguasai pasar smartphone di dunia melampaui Apple.

4. Memulai wirausaha butuh modal besar

Setiap orang berfikir bahwa dengan modal besar akan didapat hasil besar pula sesuai dengan harapan mereka. Hal inilah sering menghambat kemajuan seorang calon wirausahawan dalam memulai bisnis. Sesungguhnya, dengan modal semakin besar, maka kita akan dihadapkan dengan tanggung jawab semakin besar pula. Jika Anda masih ragu dan ingin memulai sebuah usaha, sebaiknya Anda memulainya dari dasar dengan kemampuan yang bisa Anda lakukan.

5. Kebanyakan wirausaha cenderung gagal

Tentu saja, setiap usaha pasti suatu saat menemui sebuah masalah. Namun Anda akan benar-benar gagal hanya jika Anda berhenti melangkah. Prinsip inilah banyak memotivasi para wirausahawan untuk terus bangkit menghadapi setiap masalah yang mereka temui. Dan dari hal itu pula mereka belajar dari pengalaman agar tidak terjatuh pada lubang yang sama.

6. Memulai wirausaha harus berani nekat

Memulai suatu usaha bisnis jika tidak didasari dengan pengetahuan dan perencanaan cukup pasti akan memiliki potensi gagal cukup tinggi. Mungkin mitos wirausaha yang salah ini lebih tepat jika hal ini dikatakan sebagai tekat. Untuk memulai usaha kita harus mempelajarinya, merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi penghambat, dan yang terakhir adalah keyakinan dengan tekat bulat bahwa kita dapat melakukannya maka Anda akan benar-benar dapat melakukannya.

7. Hanya wirausaha beruntung yang bisa berhasil

Keberuntungan bisa kita dapatkan dengan beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu kuatkan hubungan Anda dengan Sang Pencipta agar usaha Anda dapat berhasil dengan lancar. Namun jika Anda hanya mengandalkan keberuntungan saja niscaya Anda akan mengalami banyak kekecewaan dalam berbisnis. Seperti yang telah i-Bisnis sebutkan pada poin 6 bahwa diperlukan pengetahuan dan perencaan yang cukup matang untuk memulai bisnis agar berhasil.

8. Wirausaha hanya berorientasi pada uang

Semua orang ingin hidup dengan harta melimpah, namun ketika Anda hanya berorientasi pada uang, maka segala yang telah Anda dapatkan dalam bisnis tidak akan pernah cukup. Sebagian wirausahawan memang berbisnis untuk mendapatkan kehidupan layak. Namun orang akan benar-benar berhasil dalam bisnis jika didasari oleh kecintaan pada bidang yang mereka geluti.

9. Kurang bisa bergaul dengan masyarakat dan lingkungan

Mungkin karena kesibukan dan fokus seorang pengusaha pada bidangnya membuat mereka jarang bercengkrama dengan masyarakat sekitar, namun seorang wirausaha yang baik akan selalu bisa mengatasi permasalahan dalam komunikasi meski kadang membutuhkan sedikit waktu karena sikap waspada mereka agar dapat masuk dalam lingkungan masyarakat dan dapat mengambil hati masyarakat. Bahkan tidak jarang dengan kemahirannya dalam berkomunikasi sehingga mereka  dapat memanfaatkan masyarakat sebagai media marketing tanpa masyarakat sadari.

10. Kurang wawasan sehingga hanya fokus pada bidang yang digeluti saja

Seorang pengusaha memang lebih tertarik dengan apa yang mereka minati saja, selain untuk menguatkan intuisi dan fokusnya, dengan menghindari hal-hal eksternal akan membuat mereka lebih leluasa berimajinasi untuk mengembangkan bisnisnya. Kadang mitos wirausaha ini salah kita persepsikan bahwa wirausahawan kurang memiliki wawasan umum. Bahkan sebaliknya, mereka akan berusaha menarik topik yang Anda angkat agar kembali terfokus pada minat seorang pengusaha untuk membuka ide-ide Anda untuk akan mereka gunakan dalam pengembangan usaha.

Menjadi seorang wirausaha profesional itu menarik bukan? Lupakan seluruh mitos wirausaha yang pernah Anda dengar. Di luar sana banyak sekali kisah Wirausaha sukses. Lalu kapan Anda akan memulainya? Klik Subscribe dan daftarkan email Anda untuk terus mendapatkan pemberitahuan mengenai peluang wirausaha terbaru kami.


Daripada mengkhawatirkan apa yang orang katakan tentang Anda, mengapa tidak menghabiskan waktu untuk berusaha meraih sesuatu yang mereka akan kagumi.” – Dale Carnige

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih