Jumat, 07 April 2017

Menikmati Manisnya Bisnis Cupcake di Indonesia

Bisnis Nuttela Cupcake
Cupcake atau kadang juga disebut sebagai Muffin adalah kue berukuran cup (cangkir / mangkuk kecil) dan biasanya menggunakan alas kertas atau dibentuk dengan cetakan aluminium dan biasanya ditambahkan topping seperti sebuah kue tart atau sebagainya. Cupcake merupakan kue yang dibuat untuk ukuran 1 porsi secara tradisional dijual dalam plastik seperti kue bolu, namun dengan semakin meningkatnya peminat kue mungil ini, telah berdiri kafe-kafe yang menyajikan cupkake sebagai menu andalan mereka.

Sejarah singkat cupcake dimulai pada tahun 1796 dari sebuah resep kue yang ditulis Amelia Simmons dalam American Cookery dengan judul "a light cake to bake in small cups" dan kemudian resep tersebut semakin dikembangkan oleh Eliza Leslie pada tahun 1828. Pada awal abad ke - 19 kue tersebut mulai disebut sebagai cupcake karena memang pada saat itu orang benar-benar membuatnya menggunakan cangkir teh (teacup). Seiring berkembangnya zaman kini telah tersedia cetakan cupcake dari aluminium ataupun kertas. Dalam proses pembuatan cupcake pun dapat dilakukan menggunakan oven atau kukus. Cara penyajian cupcake semakin beragam, dengan berbagai rasa dan ciri khas pembuatnya. Beberapa resep cupcake yang terkenal adalah red velvet dan Nutella.

I-Bisnis akan membagian sebuah resep cupcake dengan topping Nutella berikut ini untuk Anda coba.
Hipwee Nutella Cupcake Receipt
Nutella Cupcake

Bahan Pembuatan Cupcake Nutella.

  • 3 butir telur ayam
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh cake emulsifier
  • 75 gr tepung terigu
  • 12 sendok teh susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 100 gr margarin cair
  • 75 gr coklat batang

Cara Membuat Cupcake:

  1. Kocok telur, gula dan cake emulsifier menjadi satu hingga mengembang dan berwarna putih.
  2. Sedikit demi sedikit tambahkan tepung terigu, susu bubuk dan 1/2 sendok teh baking powder dengan cara diayak agar adonan tidak menggumpal dan Aduk hingga adonannya merata.
  3. Lalu, sedikit demi sedikit masukkan coklat batang yang sudah dilelehkan dan mentega cair sambil terus diaduk agar merata.
  4. Panaskan oven dalam suhu 170 C atau dandang hingga cukup panas. Lalu siapkan cetakan muffin yang sudah diolesi mentega atau dilapisi paper cup.
  5. Tuang adonan dalam cetakan hingga 3/4 penuh Dan kukus selama 15 - 30 menit. Setelah matang, dinginkan kue sebelum Anda tambahkan Topping.

Membuat topping Pada Cupcake:

Bahan yang diperlukan untuk membuat topping antara lain:
  • 120 gr margarin, dalam suhu ruangan
  • 240 gr Nutella
  • 100 gr gula halus
  • 1 - 2 sdm susu cair

Untuk membuatnya cukup kocok margarin cair hingga teksturnya lembut lalu tambahkan Nutella dan kocok hingga rata. Tambahkan gula halus dengan perlahan dan aduk hingga cukup tercampur dengan baik lalu tambahkan satu sendok susu cair dan aduk kembali hingga merata. Untuk mengatur kekentalan cream, Anda dapat menambahkan susu sesuai selera.

Dalam resep dasar tersebut dapat rekan-rekan i-Bisnis kembangkan menjadi resep yang unik dan menjadi ciri khas Anda. Selain Red Velvet dan Nutella, cupcake memiliki berbagai tema unik yang dapat Anda temukan dalam pencarian Google.

Saat ini harga sebuah cupcake berkisar Rp. 5.000,- hingga puluhan ribu bergantung pada kualitas dan kreativitas yang Anda sajikan. Jika Anda telah memiliki sebuah kafe, menu ini dapat Anda tambahkan sebagai menu desert. Namun jika Anda baru memulainya, maka utamakan cita rasa dan buat kemasan yang menarik dengan ciri khas Anda agar cupcake Anda dikenali dan terlihat lebih profesional. Anda dapat mempromosikan cupcake buatan Anda dalam grup Jual-Beli Facebook atau dengan mengupload hasil kreativitas Anda pada akun Instagram agar semakin banyak orang yang tertarik.



Disqus Comments