Cara Budidaya Tanaman Kurma Dari Biji Hingga Berbuah Di Indonesia

Menanam Pohon Kurma di Indonesia
Mungkinkah menanam pohon kurma di Indonesia? Adakah bisnis perkebunan kurma di Indonesia? Sebagai salah satu negara penganut agama Islam terbesar di dunia, masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan buah Kurma. Sebagai negara tropis dengan curah hujan cukup tinggi, banyak masyarakat yang mengatakan mustahil menanam pohon kurma di Indonesia. Setelah membaca ini, Anda bisa menyangkal pernyataan tersebut dengan bangga. Ya, cara menanam pohon kurma di Indonesia bukan hal yang mustahil, dan buah yang dihasilkan pun bisa menyamai kualitas buah yang ditanam di daerah Timur Tengah.

Pohon kurma (Phoenix Dactylifera) merupakan jenis tanaman palma dalam genus phoenix. Pohon kurma memiliki banyak sekali varian pohon kurma, beberapa jenis yang menjadi unggulan antara lain Deglet Noor, Medjool, Barhee, Halawy, Hayany, Khadrawy dan Zahidi. Buah kurma memiliki nilai gizi luar biasa dengan kandungan energi 280 kcal per daging buah. Dari segi medis, buah kurma memiliki kandungan Tannin yang tinggi yang bermanfaat untuk membersihkan usus yang bermasalah. Meski begitu, kurma pun dapat menghasilkan kandungan alkohol dengan proses tertentu.

Macam-macam jenis kurma


Cara Budidaya Tanaman Kurma di Indonesia Mulai Bibit Hingga Panen

1. Memilih jenis kurma

Dalam budidaya pohon Kurma, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan tunas, atau memunculkan tunas dari biji kurma. Setiap jenis kurma memiliki karakter buah yang berbeda-beda tetapi dalam segi perawatan dan budidaya memiliki perlakuan yang sama. Karena mendapatkan bibit pohon kurma cukup sulit, maka kita coba memanfaatkan biji buah kurma yang bisa Anda dapatkan dengan membeli buah kurma.

2. Merendam biji kurma

Dalam proses ini Anda hanya membutuhkan biji kurma, jadi daging buahnya dapat Anda nikmati. Biji kurma yang telah terlepas dari dagingnya perlu Anda rendam selama 24 Jam, lalu bersihkan kembali biji tersebut hingga bersih dari sisa daging buah dan rendam lagi selama 24 – 72 jam hingga biji benar-benar bersih dan siap untuk disemai.

3. Memunculkan tunas

Tunas Biji Kurma
Untuk memunculkan tunas, Anda perlu mempersiapkan sebuah wadah berisi tisu / kapas yang telah dibasahi. Letakan biji kurma yang telah Anda rendam kedalam wadah tersebut dan jaga agar kondisi tisu / kapas tetap lembab. Tunggu hingga biji kurma memunculkan akar seperti kecambah dengan panjang antara 1 – 2 cm.

4. Memindahkan tunas dalam pot

Langkah berikutnya hanyalah memindahkan media tanam ke media tanah dalam pot atau polybag. Rawat hingga tunas memunculkan daun sepanjang setengah meter (500 cm) lalu bibit pun siap Anda pindahkan dalam pekarangan Anda.

5. Memindahkan bibit

Dalam memindahkan bibit sebaiknya Anda memikirkan mengenai ukuran perkembangan bibit hingga dewasa agar pohon nantinya tidak terlalu rapat. Lebar daun pohon kurma dewasa dapat tumbuh seluas 6-7 meter. Untuk jarak tanam yang disarankan sesuai dengan luas pertumbuhan daunnya agar setiap pohon mendapat sinar matahari sama rata.

6. Perawatan dan pembuahan

Seperti pada habitat aslinya, pohon kurma merupakan pohon yang tangguh terhadap berbagai kondisi bahkan dalam kondisi cukup ekstrim. Namun secara ideal, pohon kurma tumbuh dengan baik pada suhu lingkungan antara 21 – 27 derajat celsius. Pohon kurma diketahui memiliki jenis kelamin jantan dan betina. Sebelum memunculkan bunga, pohon kurma cukup sulit diidentifikasi jenis kelaminnya. Saat masih muda, Anda dapat melihat dari warna pelepah daun, untuk kurma jantan memiliki pangkal pelepah berwarna agak kekuningan sedangkan pada kurma betina berwarna keabu-abuan. Ketika pohon kurma berbunga, akan terlihat secara pasti perbedaan jenis kelaminnya. Bunga kurma jantan berwarna lebih putih dan memiliki banyak serbuk sari, sedangkan bunga kurma betina memiliki putik dan berwarna kekuningan.

Proses Pertumbuhan Buah Kurma

7. Proses panen buah kurma

Pohon kurma mulai berbuah pada usia 4-5 Tahun dan usia paling produktif diantara 15 – 40 tahun meski pohon kurma tetap dapat menghasilkan hingga usia 150 tahun. Untuk masa panen sendiri tidak dapat diprediksi karena hampir seluruhnya bergantung pada iklim yang ada. Metode dalam memanen buah kurma tidak ada yang spesial, biasanya petani akan memanjat menggunakan tangga dan memotong ujung tandan dengan pisau atau gunting tanaman.

Pembibitan dengan biji kurma memang terlihat sederhana, namun kelemahan pembibitan dengan sistem ini adalah perbandingan Antara jantan dan betina dimana kemungkinan 50% biji kurma akan memiliki jenis kelamin jantan 40% lainnya Hermaprodit, dan hanya 10% yang betina. Sedangkan perbandingan ideal antara pohon kurma jantan dan betina adalah 1 : 40 dimana seharusnya satu pohon kurma jantan dapat mampu menghasilkan serbuk sari untuk membuahi 40 pohon kurma betina. Selain itu, mulai dari masa memunculkan tunas hingga dapat berbuah akan memakan waktu hingga kurang lebih selama 6 tahun. Itulah sebabnya bibit pohon kurma siap tanam memiliki harga cukup mahal. Bahkan bibit impor dengan sistem kultur jaringan dapat berharga hingga 1 juta per bibit.

Salah satu pilihan lainnya adalah dengan tunas dimana tunas dari pohon kurma jantan akan seluruhnya jantan, dan tunas dari kurma betina akan memiliki kesempatan 70% betina dan sisanya jantan atau hermaprodit. Untuk pohon kurma hermaprodit sebaiknya Anda buang saja karena hampir keseluruhan pohon kurma hermaprodit tidak menghasilkan buah.

Potensi Bisnis Hasil Budidaya Perkebunan Kurma di Indonesia

1. Jual buah kurma

Buah kurma menjadi buruan terutama saat-saat bulan Ramadhan. Permintaan buah kurma semakin lama semakin meningkat dari tahun ke tahun. Harga jual buah kurma pun cukup bervariasi tergantung pada jenisnya mulai dari harga Rp. 20.000,- hingga Rp. 350.000,- per kilogram.

2. Jual bibit pohon kurma

Seperti yang disebutkan diatas, bahwa saat ini untuk bibit kurma masih bergantung pada impor. Jika Anda dapat menghasilkan bibit kurma berkualitas, Anda memiliki kesempatan besar sebagai suplayer bibit kurma nasional.

3. Membuat olahan kurma

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa pohon kurma memiliki banyak sekali manfaat. Buah kurma dapat dimakan langsung atau diolah menjadi campuran bahan kue, maupun diolah menjadi selai. Biji kurma pun banyak dimanfaatkan sebagai campuran kopi atau pun sebagai alternatif arang. Sedangkan daun pohon dapat dijadikan kerajinan anyaman dalam berbagai bentuk.

4. Agro wisata kebun kurma

Jika Anda memiliki kebun kurma yang cukup luas, Anda dapat membuka area wisata agro kebun kurma. Saat ini kebun kurma di Indonesia yang terbesar ada di wilayah Bangka Belitung.

Jika Anda bandingkan dengan bisnis perkebunan kelapa sawit, bisnis perkebunan pohon kurma sebenarnya dapat memberi penghasilan lebih besar dan pohonnya memiliki masa produksi lebih lama, hanya saja pengembangbiakan pohon kurma cukup sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.

Bagikan artikel ini untuk membuka wawasan masyarakat mengenai perkebunan pohon kurma. Klik subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru kami langsung ke email Anda.


Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih
EmoticonEmoticon