Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin dan Altcoin

Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Kerja Keras
Siapa saja tentunya ingin memperoleh pendapatan pasif tanpa harus kerja keras bukan? Mungkin Anda sendiri pernah mendengar ini sebelumnya. Koin-koin ini merupakan koin virtual yang disebut Crypto Currency. Salah satu koin yang terkenal ini adalah Bitcoin (BTC). Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin merupakan Crypto Currency (mata uang kriptografi) yang tidak tersentralisir, berbeda dengan uang umum yang tersentral pada Bank yang dipengaruhi sistem pemerintahan. Crypto Currency merupakan sebuah database yang memiliki jumlah tetap dan tersebar pada berbagai Node jaringan Peer to Peer ke jurnal transaksi. Selain Bitcoin, kini sudah bermunculan Altcoin (koin alternatif) seperti Ether (ETH), Dash, Monero, Litecoin, dsb. yang memiliki prinsip kerja mirip dengan Bitcoin, hingga saat ini nilai Altcoin terbilang lebih kecil daripada Bitcoin. Koin-koin ini hampir sama berharganya dengan emas sehingga mulai banyak orang yang memperebutkannya. Sebagai gambaran, tahun 2015 lalu nilai kurs Bitcoin hanya berkisar 5 Juta / BTC, tetapi kini melonjak hingga menyentuh angka 40 Juta / BTC dan masih terus menanjak. Bagaimana dengan 5 tahun berikutnya? Bahkan ada banyak cara untuk mendapatkan Bitcoin dengan mudah.


Kelebihan Bitcoin:

  • Relatif aman karena bentuk transaksi Peer to Peer secara langsung dengan batasan waktu tertentu dan diamankan oleh kode kriptografi.
  • Sudah mulai diterima sebagai mata uang yang sah secara global.
  • Terlindung dari inflasi karena sifatnya yang bebas tidak terikat oleh badan hukum atau negara.
  • Bitcoin bisa menjadi tabungan sekaligus investasi yang menguntungkan. Jumlah Bitcoin yang terbatas sedangkan semakin banyak peminatnya maka nilainya secara otomatis akan meningkat dari waktu ke waktu. 

Kekurangan Bitcoin:

  • Bitcoin terbilang sangat fluktuatif bahkan hanya dalam hitungan menit bisa melonjak atau jatuh hingga ratusan ribu rupiah. Namun bentuk fluktuasi ini menjadi sebuah peluang tersendiri bagi pecinta trading.
  • Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet) hanya berupa akun digital yang berisi user & password saja. Ketika akun tersebut hilang atau Anda lupa maka tidak ada cara untuk mengembalikannya. Seluruh uang Anda aka terkunci dalam dompet tersebut selamanya.
  • Kepemilikan Bitcoin tidak memerlukan identitas nyata sehingga dapat dimanfaatkan bagi beberapa orang sebagai alat pencucian uang yang tidak mungkin terdeteksi atau ditelusuri.

Berbagai Cara Mendapatkan Bitcoin Dengan Mudah Secara Gratis Maupun Berbayar

1. Membeli dari Bitcoin Wallet

Bitcoin Wallet merupakan hal pertama yang harus Anda miliki untuk menyimpan koin-koin Anda. Wallet ini juga berguna layaknya ATM virtual dimana Anda dapat melakukan transaksi jual – beli Bitcoin maupun transfer antar wallet. Salah satu Bitcoin Wallet yang perlu Anda miliki sebagai pengguna dari Indonesia adalah Indodax.co.id. Dalam akun Indodax.co.id Anda dapat membeli atau menjual Bitcoin ataupun Altcoin dengan kurs mata uang Rupiah. Integrasi antara Bitcoin.co.id dengan Bank lokal memudahkan Anda untuk melakukan topup / mengisi dana dalam wallet.
Wallet kedua yang i-Bisnis rekomendasikan adalah Wirex app. Wallet Virtual Credit Card (VCC) berbasis aplikasi ini menjadi salah satu pilihan karena menerima lebih banyak jenis Altcoin dibandingkan Bitcoin.co.id. Seperti yang Anda ketahui bahwa hampir setiap transaksi internasional meminta pembayaran menggunakan Kartu Kredit. Namun bagi masyarakat Indonesia, penggunaan kartu kredit bukan hal yang terlalu dibutuhkan, juga karena pertimbangan biaya potongan atas transaksi kartu kredit di Bank-Bank lokal yang cukup tinggi. Wirex bisa menjadi Bitcoin Wallet dan Kartu Kredit secara bersamaan. Pendaftaran wirex maupun bitcoin.co.id tidak dipungut biaya sedikitpun, namun untuk melindungi akun beberapa akan meminta identitas diri Anda.

Rekomendasi Bitcoin Wallet

2. Menambang Bitcoin Sendiri

Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa bitcoin merupakan sebuah nilai yang tersebar dalam berbagai node transaksi dalam bentuk kode kriptografi. Penyebaran kode-kode kriptografi ini yang kemudian dimanfaatkan pakar IT untuk melakukan penambangan. Seperti layaknya pertambangan hasil bumi, dalam kegiatan mining ini pun membutuhkan komputer dan beberapa perangkat khusus untuk mendapatkan Bitcoin secara maksimal. Peralatan terbaru yang masih menjadi perangkat andalan bagi para miner adalah ASIC (Aplication Specific Integrated Circuit) yang sebelumnya juga hadir FPGA (Field Programmable Gate Array) yang terpaksa harus tergantikan karena umur perangkat yang terbilang kurang awet. Pada dasarnya Anda dapat melakukan penambangan menggunakan komputer rumahan berbasis CPU maupun GPU dengan konsekuensi perolehan koin lambat dibandingkan menggunakan FPGA atau ASIC. Dalam melakukan penambangan Bitcoin sendiri Anda perlu memperhatikan banyak hal agar tidak merugi diantaranya adalah Harga perangkat, kecepatan mining serta tarif listrik mengingat perangkat mining membutuhkan daya cukup besar. Untuk mencoba melakukan mining dengan CPU / GPU komputer Anda, silahkan mencoba aplikasi dari Minergate.

3. Cloud Mining Berbayar

Pilihan ketiga adalah menggunakan fasilitas cloud mining. Anda dapat menemukan berbagai penyedia layanan Cloud Mining dalam pencarian Google. Namun Anda juga harus berhati-hati karena beberapa penyedia layanan merupakan layanan palsu yang dapat secara tiba-tiba menutup akun Anda. Oleh sebab itu sebelum Anda memutuskan menggunakan layanan tersebut sebaiknya Anda mencari tahu review layanan tersebut dan seberapa besar ROI (Return Of Investment) yang diharapkan. Jangan mempercayai layanan Cloud Mining yang menjanjikan layanan gratis karena seperti yang Anda ketahui bahwa untuk melakukan penambangan membutuhkan perangkat dan sumber daya yang tidak murah. Beberapa layanan mungkin memberikan pendaftaran gratis namun dengan potongan maintenance cukup besar. Atau sebaliknya, Membebankan biaya pendaftaran lebih tinggi namun bebas biaya maintenance tetapi biasanya mereka mencari keuntungan ketika Anda melakukan transaksi seperti penarikan atau konversi ke mata uang fiat. Beberapa layanan Cloud Mining yang sudah bergerak cukup lama dan terpercaya antara lain Hashflare.oi dan Genesis-Mining.

Rekomendasi Bitcoin Mining Terpercaya


Dari pengalaman i-Bisnis dalam memahami dan mencoba bertransaksi Bitcoin, Cloud Mining merupakan pilihan terbaik. Pendaftaran Cloud Mining pun cukup mudah, serta kelebihan Cloud Mining adalah Anda tidak perlu report memikirkan harga perangkat, perawatan, maupun biaya listrik. Anda hanya perlu membeli Hashrate lalu tunggu penyedia melakukan Mining untuk Anda. Satu lagi yang perlu Anda catat dan simpan, ketika Anda membeli Hashrate di Genesis-Mining masukan kode “ TD1j04 “ untuk mendapat potongan sebesar 3% (kode berlaku selamanya). Untuk jumlah Hashrate minimum yang disarankan adalah 0,3 TH/s (300 GH/s) namun jika Anda serius ingin berinvestasi Bitcoin Mining minimum gunakan 1 TH/s. Segera daftarkan diri Anda sebelum harga Bitcoin semakin tinggi.

Rekomendasi Bitcoin Mining Terpercaya


4. Bitcoin Gratis Terpercaya

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mendapatkan Bitcoin maupun Altcoin secara gratis dengan fitur Faucet pada situs Eobot. Sedikit review mengenai Eobot.com, Eobot.com merupakan salah satu situs cloud mining terpercaya yang sudah lama berdiri dan cukup menjadi andalan oleh sebagian penambang Bitcoin. Yang menarik dari Eobot adalah adanya fitur Faucet dimana user bisa mendapatkan Bitcoin / Altcoin / Hashrate secara gratis hanya dengan mengisi kode konfirmasi untuk membuktikan bahwa akun Anda diakses oleh manusia. Fitur ini hanya dapat digunakan satu kali sehari. Meski yang Anda dapatkan tidak begitu banyak, namun fitur ini cukup berguna bagi Anda yang ingin mendapatkan Bitcoin secara cuma-cuma.


Note: Dari pengalaman i-Bisnis mencoba 2 layanan cloud tersebut untuk menambang BTC dengan speed yang sama (250 GH/s), Genesis memberi rate BTC lebih kecil daripada Hashflare. Tetapi potongan maintenance Hashflare sebesar sekitar 40%/hari terbilang cukup besar sehingga jika dihitung Netto layanan Genesis lebih profit. Keunggulan Hashflare merupakan fasilitas auto invest sehingga jika Anda aktifkan, ketika saldo Anda cukup untuk membeli 10 GH/s, maka saldo Anda terpotong langsung untuk diinvestasikan kembali dan hal ini bisa membantu mempercepat ROI anda.


Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih
EmoticonEmoticon