3/25/17

Keuntungan Membangun Ruko Sebagai Peluang Bisnis Investasi

| 3/25/17
Tips dalam bisnis ruko
Saat ini pembangunan Ruko sudah sangat menjamur di berbagai wilayah Indonesia. Ruko merupakan akronim dari Rumah Toko, seperti namanya, ruko biasanya dibangun sebagai perpaduan antara toko dan dilantai lain dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Namun dengan semakin berkembangnya bisnis, pemanfaatan sebagai tempat tinggal pun sering tergantikan menjadi sebuah kantor. Sebuah ruko umumnya dibangun secara vertikal dalam 2 hingga 5 lantai dan biasanya berdiri dalam beberapa kumpulan ruko atau disebut sebagai kompleks.


Manfaat mendirikan Ruko dibanding toko biasa antara lain:

1. Multy fungsi

Hal utama yang menarik dari sebuah ruko adalah kegunaannya sebagai tempat bisnis dan juga tempat tinggal layak. Sebelum adanya sebuah ruko, biasanya wirausahawan dengan modal kecil akan membuka toko didepan rumah dengan memanfaatkan ruang depan atau halaman rumah, sering kita temui di pemukiman. Lain halnya dengan Ruko, karena memang dibangun sebagai media bisnis dan tempat tinggal membuatnya terlihat lebih tertata.

2. Ekonomis

Membangun sebuah ruko minimalis terbilang lebih ekonomis dibanding membangun sebuah rumah karena designnya hemat ruang sebagai bangunan rumah vertikal. Sehingga Anda hanya butuh satu atau dua kavling tanah dilokasi strategis dan sudah dapat dibangun sebagai ruko minimalis layak huni.

3. Nilai Investasi Tinggi

Entah rekan-rekan i-bisnis akan memanfaatkanya sebagai invesatsi untuk dijual kembali atau pun untuk disewakan. Menurut beberapa survey bahwa nilai jual maupun nilai sewa sebuah ruko memiliki harga lebih mahal dibanding sebuah bangunan yang hanya dikhususkan sebagai rumah atau toko saja.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah ruko? 

Tips sebelum membangun ruko berikut ini akan sangat membantu Anda:

1. Lokasi Ruko Dibangun

Lokasi akan memiliki pengaruh sangat besar terhadap nilai ruko Anda. Tentu saja sebuah ruko sebaiknya dibangun pada wilayah ramai dan sering dilalui orang atau wilayah padat penduduk. Meski Anda membuat Ruko cukup besar dan megah, namun jika berada di lokasi sepi akan menjatuhkan nilai manfaat dari Ruko itu sebagai media bisnis.

2. Design Bangunan Ruko

Design sebuah ruko akan cukup menentukan untuk menarik perhatian calon pembeli. Namun sebuah ruko juga harus memperhatikan segi humanis sebagai tempat tinggal yang layak. Karena kenyamanan penghuni ruko juga akan mempengaruhi pelayanannya kepada pembeli. Oleh sebab itu selain tampilan luar, bagian dalam ruko pun perlu memperhatikan pencahayaan dengan baik, adanya tempat istirahat maupun kamar mandi serta sebuah dapur dengan ventilasi cukup.

3. Prospek Lingkungan di Masa Depan

Masa depan memang dapat berubah diluar perkiraan kita, namun dengan beberapa survey akan mampu meminimalkan adanya kerugian dimasa mendatang atau bahkan akan meningkatkan nilai investasi kita secara signifikan. Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai aspek lingkungan adalah seberapa strategis lokasi tersebut dari pemukiman, perkantoran, sekolahan, atau industri. Seberapa besar dampak kemungkinan bencana lingkungan terjadi seperti banjir atau kebakaran. Serta isu-isu perencanaan pembangunan di wilayah sekitar.


Menghitung untung - rugi membangun ruko

Kita akan mencoba mengambil sebuah contoh langsung dengan sample lokasi di wilayah kota Malang. Hal yang perlu digaris bawahi adalah perhitungan ini hanya sebagai simulasi sederhana dan tidak dapat dijadikan sebagai acuan pokok.
- Harga Tanah di sekitaran kota Malang umumnya antara 1,5 - 3 Jt per m2 kita ambil harga termahal yaitu 3 Jt/m2, sebuah ruko minimalis biasanya memerlukan luas 6 m x 10 m, maka total harga tanah 180 Jt.
- Biaya borongan untuk bangunan rumah sederhana kurang lebih antara 2 - 3,5 Jt / m2, maka untuk membangun ruko minimalis seluas 60 m2 dengan harga 3,5 Jt/m2 akan memerlukan biaya sebesar 210 Jt.
- Dari perhitungan kedua biaya tersebut dapat diambil kesimpulan untuk membangun sebuah ruko dengan luas 60 m2 diperlukan total biaya 390 Jt. Sedangkan Harga jual ruko di daerah malang minimal seharga 450 Jt maka Anda sudah mendapat untung minimum 60 Jt. Sedangkan jika Anda ingin menyewakan ruko tersebut dengan kisaran harga rata-rata 25 Jt / Th, maka rekan i-Bisnis akan kembali modal dalam kurun waktu sekitar 15 Th dan Anda masih memiliki aset yang harga setiap tahunnya akan terus .meningkat. Bandingkan dengan investasi jual-beli rumah dari artikel Tips Jual Beli Rumah yang kami sampaikan sebelumnya.


Ide-ide bagus tidak secara otomatis diambil. Ide-ide tersebut mesti dipraktikkan dengan penuh kesabaran.” – Hyman Rickover

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih