3/08/17

Ikuti Tips Bisnis Jual Beli Rumah Untuk Investasi Jangka Panjang

| 3/08/17
Tips Jual Beli Rumah Sebagai Investasi Yang Menguntungkan
Tidak dipungkiri lagi bahwa bisnis jual - beli rumah masih menjadi bisnis dengan banyak peminat karena hampir tanpa resiko. Banyak orang memilih bisnis ini sebagai sarana investasi. Namun bisnis ini juga bukan bisnis asal-asalan, meski memiliki resiko kecil, namun dengan harga properti yang terbilang tidak murah tetap harus kita waspadai resikonya agar kita terhindar dari kerugian cukup besar. Lalu apa saja untuk perlu diperhatikan sebelum kita membeli sebuah rumah sebagai tempat investasi menguntungkan.

Berikut ini harus diperhatikan sebelum membeli rumah untuk investasi:

1. Lokasi Rumah

Ini merupakan hal yang paling utama dalam memilih sebuah rumah. Rumah yang ideal sebaiknya memiliki akses jalan yang cukup luas, minimal dapat dilalui sebuah mobil. Di daerah kota-kota besar yang padat penduduk, rumah-rumah sederhana dengan akses jalan yang baik dapat bernilai lebih dibanding rumah dengan bangunan megah tapi sulit dilalui kendaraan. Selain akses kendaraan, juga penting untuk melihat daerah sekitar, meski memiliki jalan luas tetapi jika lokasi sangat terpencil, tentu akan menurunkan nilainya. Perhatikan apakah disekitar sana terdapat penjual bahan kebutuhan pokok atau pasar, lalu sejauh mana dengan sekolah-sekolah, juga keamanan wilayah tersebut apakah cukup kondusif.

2. Kelengkapan surat-surat tanah dan bangunan

Tidak kalah pentingnya adalah surat-surat kepemilikan atas bumi dan bangunan. Sering sekali terjadi kasus sengketa atas kepemilikan lahan dan/atau bangunan. Maka untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mencari tahu kepemilikannya lewat perangkat desa setempat seperti RT, RW, Kelurahan atau kantor desa. Dan segerakan untuk pemindahan berkas setelah transaksi dengan mediasi notaris agar dokumen Anda lebih kuat secara hukum.

3. Usia dan kerusakan rumah

Semakin tua umur bangunan juga perlu Anda waspadai. Bangunan berumur tua cenderung rapuh meski sekilas masih tampak kokoh. Perhatikan juga apakah ada bagian-bagian rumah yang kemungkinan akan runtuh agar tidak membahayakan dan merugikan jika dikemudian hari memerlukan perbaikan, terkecuali jika Anda memang berniat meruntuhkannya untuk menggantinya dengan bangunan baru. Selain itu juga disarankan agar meninjau rumah di musim hujan agar dapat diamati kebocoran-kebocoran atap.

4. Potensi masa depan lingkungan disekitar rumah

Alangkah baiknya jika bangunan tersebut cukup strategis dengan adanya berita kemungkinan pengembangan lokasi seperti layanan publik atau industri baru di wilayah sekitar rumah. Semisal, di dekat rumah tersebut sedang atau akan dibangun sebuah puskesmas, maka ketika nanti puskesmas tersebut selesai dibangun, harga bangunan dapat langsung melonjak 2-3 kali dari harga sebelum adanya puskesmas.

5. Lingkungan warga sekitar rumah

Hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial. Maka lingkungan warga sekitar juga akan cukup mempengaruhi minat seseorang untuk menghuni rumah tersebut, seperti keramahan, kebersihan dan keamanan akan sangat mempengaruhi kenyamanan penghuni rumah tersebut.

Dengan memahami 5 hal tersebut diatas, diharapkan rumah yang Anda inginkan untuk menjadi investasi di masa depan dapat benar-benar aman. Selanjutnya adalah bagaimana mengembangkan investasi Anda tersebut agar dapat memiliki nilai lebih secara signifikan.

Anda dapat melakukan hal ini agar harga rumah investasi Anda dapat memiliki nilai tinggi sebelum Anda menjualnya kembali:

1. Memperbaiki kerusakan rumah

Disinilah pentingnya Ide Bisnis menghimbau mengenai poin nomor 3 diatas. Dengan mengetahui kemungkinan kerusakan yang terjadi pada rumah, maka Anda dapat menafsirkan harga rumah sebelum dibeli dengan lebih baik. Juga potensi peningkatannya jika masalah-masalah tersebut diperbaiki apakah akan sesuai dibanding harga jualnya dikemudian hari. Tentunya diharapkan dengan selesainya perbaikan, rumah akan tampak lebih kokoh, segar dan bernilai jual tinggi.

2. Membuat bangunan tambahan

Untuk meningkatkan nilai jual, Anda dapat menambahkan bagian-bangunan baru meski terlihat sederhana seperti membuat atap di tempat parkir kendaraan atau halaman depan rumah. Membuat pagar lebih kuat dan aman. Atau bahkan membuat tambahan lantai dua untuk meningkatkan kapasitas kamar dan ruangan juga dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda.

3. Kontrak rumah

Jika Anda tidak dapat merawat rumah tersebut secara langsung, semisal rumah tersebut berada cukup jauh dari rumah yang Anda tempati saat ini, atau Anda ingin menjualnya dalam beberapa tahun lagi ketika Anda membutuhkannya. Agar rumah tetap terawat diluar pengawasan Anda, sebaiknya Anda menawarkan rumah tersebut untuk dikontrakan pada orang yang membutuhkan. Selain rumah Anda tetap terawat, Anda juga akan mendapat penghasilan tambahan dari penyewa rumah.

4. Memperindah taman / Lingkungan sekitar

Seperti pepatah 'rumahku adalah istanaku', maka siapa yang tidak menginginkan istananya terlihat indah bukan? Sentuhan-sentuhan kecil seperti mengecat ulang rumah, menambahkan kolam ikan, taman mini hijau dan segar di sudut halaman atau pernak pernik detail lainnya dapat memberi nilai lebih bagi rumah Anda.

Untuk mendapatkan informasi penjualan rumah, anda bisa menghubungi Broker Properti. Sedangkan untuk metode penjualan, Anda bisa mencoba pasang iklan jual rumah. Itulah beberapa tips dari Ide Bisnis yang sekiranya dapat menjadi inspirasi Anda yang ingin berbisnis properti dalam bentuk jual beli rumah.


Peluang tidak terjadi, Anda yang harus membuatnya.” – Chris Grosser

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih