Jumat, 12 Mei 2017

Cara Menjadi Content Writer Dan Keuntungannya

Mengenal Jasa Content Writer, Profesi Bagi Seorang penulis
Siapa yang menyangka bahwa menulis artikel bisa menghasilkan pendapatan cukup besar. Jika Anda memiliki hobi menulis artikel maka menyediakan jasa menjadi Content Writer bisa menjadi pekerjaan yang menarik bagi Anda. Content Writer adalah sebutan bagi penulis artikel untuk blog / website. Artikel merupakan bagian terpenting bagi sebuah blog atau website. Oleh sebab itu bagi beberapa Blog / Website dibutuhkan jasa penulis artikel untuk mengisi kekurangan artikel mereka. Tarif yang ditawarkan penyedia jasa menjadi Content Writer pun beragam dengan rata-rata tarif antara 3000 – 5000 rupiah per 100 kata, sedangkan untuk sebuah artikel standart memerlukan 300 – 700 kata. Para penulis konten biasanya terbagi menjadi dua tipe jasa yaitu Content Writer dan Copywriter.

Perbedaan antara jasa Content Writer dengan jasa Copywriter

1. Jasa Content Writer

Seperti penjelasan singkat sebelumnya bahwa Content Writer adalah penulis konten blog / website secara original berdasarkan pemikiran sendiri atau dengan referensi. Menjadi seorang content writer haruslah dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kreatifitas. Menulis sebuah artikel original mengenai suatu tema (niche) butuh banyak persiapan seperti mengumpulkan data, membuat kerangka dan mengembangkannya. Tidak hanya itu, seorang content writer juga sebaiknya mengetahui bagaimana mengoptimalkan artikel pada mesin pencari.

2. Jasa Copywriter

Seorang Copywriter bertugas untuk mengajak pembaca untuk melakukan suatu tujuan seperti membeli produk tertentu, mengunjungi suatu website, atau kegiatan persuasif lainnya. Seorang copywriter dituntut untuk bisa mengoptimalkan kata kunci dalam suatu artikel sehingga ketika ada calon pelanggan yang mencari suatu produk dapat menemukan artikel tersebut pada halaman pertama mesin pencari.

5 cara meningkatkan kemampuan menulis artikel jika ingin menjadi Content Writer.

1. Banyak Membaca

Dengan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kosa kata Anda untuk menulis sebuah artikel. Pengetahuan merupakan modal penting seorang Content Writer, meski Anda tidak dituntut untuk mengetahui semua hal namun dengan memahami bidang yang akan Anda tulis dapat membantu Anda dalam membuat susunan artikel.

2. Memahami Search Engine Optimation (SEO)

Sebuah artikel akan mendapat banyak kunjungan jika muncul pada halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya. Untuk dapat menduduki halaman pertama mesin pencari memang bukan perkara mudah karena faktor persaingan yang cukup ketat serta dukungan struktur web dan artikel. Sebagai seorang content writer, Anda sebaiknya memahami bagaimana menempatkan kata kunci dalam artikel yang Anda buat dengan terlihat cukup natural.

3. Mau Menerima Kritik dan Saran

Beberapa penyedia jasa content writing menerima permintaan revisi dari pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas artikel. Beberapa kritik maupun saran dapat menjadi masukan yang baik bagi Anda dalam meningkatkan kualitas tulisan Anda. Ada beberapa penulis memiliki kecenderungan tertentu seperti penggunaan kata hubung “yang” terlalu banyak sehingga mesin index artikel akan memasukkan kata tersebut sebagai satu kata kunci meskipun sebenarnya kata tersebut bukan target kata kunci yang diinginkan.

4. Menulis Layaknya Anda Sebagai Pembaca

Sebuah karya tulis ada agar orang lain dapat menikmati tulisan tersebut sebagai sumber pengetahuan atau sekedar wacana dan hiburan. Menempatkan diri Anda sebagai pembaca dapat membuka pandangan Anda mengenai kenyamanan pembaca karya Anda. Atau sebagai alternatif lain cobalah meminta orang lain untuk membaca artikel Anda sebelum Anda memberikannya pada klien.

5. Pahami Batas Anda

Mendapatkan banyak permintaan penulisan artikel merupakan rejeki besar untuk Anda. Namun sebaiknya Anda memahami batasan Anda agar tidak ada permintaan yang terbengkalai dan mengecewakan klien. Jika dalam sehari Anda hanya mampu membuat 2-3 artikel maka sebaiknya Anda mengatakan pada pelanggan Anda bahwa saat ini Anda sedang penuh permintaan atau alternatif lainnya adalah dengan berbagi pekerjaan pada rekan penulis konten lainnya.

Cara mendapatkan klien yang membutuhkan jasa Content Writer.

Setelah mengetahui sekilas bagaimana profesi seorang Content Writer, tentu tidak akan lengkap tanpa bagaimana mendapatkan klien yang membutuhkan jasa tersebut. Berikut ini beberapa alternatif yang bisa menjadi tempat Anda berburu klien:

1. Membuat blog / website sendiri

Jika Anda menulis kata “penyedia jasa Content Writing” maka Akan banyak muncul website yang menawarkan jasa Content Writer dengan penawaran yang berbeda-beda. Membuat sebuah blog / website sendiri bisa menjadi pilihan yang baik selain untuk menunjukan profesionalitas Anda, juga dapat memancing lebih banyak orang yang membutuhkan jasa Anda melalui mesin pencari.

2. Menjadi anggota web freelance

Ada beberapa penyedia web freelance yang dapat Anda ikuti antara lain Freelancer, Fiver, Sribulancer, dsb. Anda dapat menawarkan jasa Anda pada calon klien yang membutuhkan jasa seorang content writer. Namun Anda juga harus benar-benar dapat bersikap profesional karena setiap pekerjaan yang Anda selesaikan akan mendapat penilaian dari klien Anda dan mempengaruhi reputasi Anda.

3. Mengajukan proposal

Selain itu Anda juga bisa menawarkan proposal Anda secara langsung ke beberapa blog / web yang sekiranya membutuhkan jasa Content Writer. Anda dapat mengajukan proposal melalui halaman Kontak (Contact Us) atau dengan mengirimkan email langsung pada administrator web.

4. Masuk dalam komunitas blogger

Pilihan ke empat adalah dengan bergabung dengan komunitas blogger dan online marketing. Selain mencari klien, pada komunitas tersebut pun Anda dapat belajar banyak hal termasuk bagaimana mengoptimalkan kata kunci untuk meningkatkan standart SEO artikel.

Itulah beberapa poin dan masukan bagi Anda yang hobi menulis dan berminat menjadi penyedia jasa Content Writer. Bagikan artikel ini jika Anda merasa artikel ini bermanfaat atau klik Subscribe dan daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru kami langsung ke email Anda.

Disqus Comments