7/31/19

Situs Terbaik Penyedia Chart Saham Gratis (Updated)

| 7/31/19
Situs terbaik penyedia chart saham gratis
Dimanakah situs terbaik untuk membaca dan membuat analisa pergerakan grafik saham? Kemampuan membaca dan menganalisis grafik atau chart saham merupakan salah satu keunggulan yang tidak dapat diabaikan jika Anda ingin terjun ke dunia pasar modal. Analisa grafik atau biasa disebut sebagai Analisa Teknikal memegang peranan penting tidak hanya bagi trader saham, namun juga bagi investor saham jangka panjang. Dengan memahami analisa teknikal, minimal kita dapat mengetahui pergerakan trend harga saham, kondisi harga saham dalam fase overpriced / underprice, mengetahui kapan harus membeli di harga rendah atau memaksimalkan pendapatan dengan menjual di harga tinggi. Dengan begitu bermanfaatnya kemampuan menganalisis grafik saham, sering kita temukan penawaran software charting berbayar, maupun software gratis dengan batasan fitur. Bagi trader atau investor pemula, tentunya hal itu cukup memberatkan. Kabar baiknya, bahwa ada website / situs chart saham gratis yang sudah cukup mumpuni untuk membuat analisa chart saham.

Inilah kelebihan analisa saham menggunakan Chart website vs Chart Aplikasi / Software:

  1. Tidak memerlukan instalasi software yang dapat mengurangi kapasitas komputer.
  2. Bisa diakses di mana pun dengan perangkat apa pun yang terhubung ke internet
  3. Bisa membuka lebih dari satu chart dalam satu browser dan memudahkan dalam memantau berbagai chart saham dalam satu waktu.

Berikut pilihan situs / website terbaik untuk membaca chart saham gratis dan membuat analisa teknikal:

A. Investing - Indonesia (https://id.investing.com/)

Chart yang disajikan oleh situs investing.com terbilang cukup lengkap. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia dalam Chart saham gratis yang disediakan investing.com:
  • Interval : 5 menit, 15 menit, 30 menit, 45 menit, 1 jam, 2 jam, 4 jam, 5 jam, 1 hari, 1 minggu dan 1 bulan.
  • Chart Type : Bars, Candles, Hollow Candles, Heikin Ashi, Line, Area, Baseline, Renko, Line Break, Kagi, Point & Figure
  • 78 Types of Indicator
  • Chart Comparation
  • Chart Auto Notification
  • Snapshot
  • Multy Frame Viewer
  • Save & Load Chart Layout
  • Chart Drawing Tools & Setup
  • Zoom In/Out
Dengan Sekian banyak kelengkapan fitur yang disuguhkan secara gratis, i-bisnis merekomendasikan situs ini sebagai website pengolah grafik saham terbaik hingga saat ini. Sayangnya untuk menampilkan workframe grafik tersebut tidak dapat dilakukan dalam sekali klik.

Inilah tahapan cara membuka workframe lengkap grafik saham investing.com:

1. Silahkan membuka situs investing.com. Kemudian pada kolom pencarian ketikan kode emiten saham / nama perusahaan yang ingin di cari hingga muncul menu drop down berisi pilihan keyword yang sesuai. Klik pada kode saham yang dimaksud (perhatikan jenis instrumen pada tulisan berwarna abu-abu agar tidak salah memilih.
chart saham gratis investing com 1 Pencarian


2. Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman berisi segala sesuatu mulai dari informasi umum, grafik, Berita, laporan finansial, analisa teknikal otomatis, hingga forum publik yang terfokus khusus mengenai emiten saham tersebut. Untuk membuka chart lengkap, Anda dapat memilih menu Grafik lalu pilih Grafik Streaming (poin No. 1. Setelah itu Anda akan disuguhi sebuah mini-chart sederhana. Untuk melanjutkan membuka versi Full Frame, Anda dapat klik pada tobol bergambar empat panah keluar (poin No. 2).
chart saham gratis investing com 2 Grafik

3. Kini Anda sudah siap membuat pengaturan tipe grafik, menambahkan indikator-indikator favorit, dan dapat memanfaatkan fitur Draw untuk membuat garis-garis untuk memulai analisa grafik tersebut.
chart saham gratis investing com 3 Analisa Teknikal

Note: Agar Anda tidak kehilangan setup grafik yang Anda buat, Anda bisa menyimpannya dengan klik pada tombol save (simbol awan dengan panah hitam ke atas). Namun untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki akun pada Investing.com dengan mendaftarkan email Anda tanpa dikenai biaya berlangganan.

Warning! Berhubungan dengan diblokirnya situs investing.com oleh Bappebti sehingga tidak dapat diakses menggunakan server dari Indonesia, maka diperlukan trik khusus untuk mengaksesnya. Untuk sementara situs investing.com masih dapat diakses menggunakan browser Mozzilla Firefox yang dilengkapi add-on Anonymox. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur tersebut sebelum mengakses situs investing.com. 

Up Date:
Blokir situs investing.com kini sudah dibuka kembali.

B. Yahoo Finance (https://finance.yahoo.com/)

Chart saham gratis berikutnya merupakan chart yang pertama kali i-bisnis gunakan ketika mulai mempelajari analisa teknikal. Chart saham gratis dari Yahoo ini merupakan Chart yang cukup sederhana namun juga cukup lengkap serta menyajikan beberapa alat dan indikator yang sedikit berbeda dibanding situs lainnya. Secara tampilan, Chart saham pada Yahoo Finance tergolong mudah untuk dipahami, hal ini akan sangat membantu Anda yang baru mulai mempelajari Analisa Teknikal saham. 

Perlu diketahui, bahwa Yahoo Finance merupakan chart Global, sehingga untuk mencari kode saham-saham di Indonesia, Anda perlu menuliskannya <Kode Saham><titik>JK (contoh: ICBP.JK) dan untuk mencari chart Indeks menggunakan <^><Kode Indeks> (Contoh: ^JKSE untuk indeks IHSG, ^JKLQ45 untuk indeks LQ45).

Untuk mulai menggunakan Chart saham gratis dari Yahoo Finance, Anda dapat mengikuti tahapan berikut:

1. Pertama kita buka terlebih dahulu website Yahoo Finance. Lalu ketikan perlahan kode emiten yang ingin Anda cari hingga Yahoo memunculkan beberapa pilihan keyword, pilih yang memiliki keyword paling sesuai seperti pada aturan sebelumnya.
chart saham gratis yahoo finance 1 Pencarian

2. Pada halaman berikutnya Anda akan menemukan sebuah grafik kecil yang menampilkan kondisi pergerakan pada hari tersebut atau pada penutupan pasar terakhir. Langkah selanjutnya Anda hanya perlu menekan tombol Full Screen untuk langsung masuk pada Full Frame Chart.
chart saham gratis yahoo finance 2 Halaman muka

3. Kini Anda sudah siap untuk mulai membuat pengaturan chart dengan memilih tipe chart, menambahkan indikator favorit serta mulai membuat coretan dalam chart.
chart saham gratis yahoo finance 3 Analisa Teknikal

Untuk mempermudah, berikut ini sedikit penjelasan mengenai fitur yang tersedia pada Chart Yahoo Finance:

  • 111 macam Indikator teknikal
  • Comparasion untuk membandingkan pergerakan beberapa emiten atau indeks dalam satu tampilan chart
  • Show / Hide Event untuk memilih jika Anda ingin menyertakan Corporate Action dalam chart
  • Date Range 1D 5D 1M 3M 6M YTD 1Y 2Y 5Y MAX untuk membuat batasan rentang waktu yang ingin ditampilkan pada chart
  • Interval / Time Frame merupakan pilihan untuk menampilkan rentang waktu dalam setiap Bar. Pada Yahoo Finance Anda dapat menemukan pilihan Interval 1 menit, 2 menit, 5 menit, 15 menit, 30 menit, 1 Jam, 4 Jam, 1 harian, 1 mingguan, 1 bulanan hingga interval 1 tahunan.
  • Chart Type dalam Yahoo Finance hanya memiliki 6 tipe grafik yaitu Line, Area, Candle, Hollow Candle, Bar, dan Colored Bar.
  • Draw Mode, dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menambahkan coretan dalam berbagai tipe garis, Simbol, Text, Fibonaci, dsb.
  • Serta menu pengaturan tambahan untuk menentukan skala grafik, Background, dsb.
  • Tombol Share untuk membagikan grafik Anda, dan tombol Reset untuk menghapus semua pengaturan dan mengembalikan pada tampilan awal grafik
Hal yang menarik adalah, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran untuk menyimpan pengaturan chart yang sudah Anda buat. Pengaturan tersebut akan tersimpan dalam cache browser milik Anda. Setiap kali Anda membuka chart lain dalam Tab baru, Anda akan langsung melihat tampilan dari pengaturan yang terakhir Anda buat.

Kelemahan dari Chart Yahoo Finance adalah grafik yang ditampilkan akan mengalami delay 15 menit dari waktu sesungguhnya. Oleh sebab itu, penggunaan chart pada Yahoo Finance tidak cocok digunakan untuk micro trader atau scalper.

C. RTI – Trading View Chart (https://analytics.rti.co.id/tview/index_tview.jsp)

Aplikasi RTI Mobile cukup banyak dikenal para investor saham karena user interface yang cukup sederhana sehingga mudah digunakan dan juga data-data yang ditampilkan terkait dengan Key Statistic Fundamental emiten pun cukup lengkap dan up to date.

Beberapa bulan lalu RTI telah meng-update aplikasinya juga versi website mereka dengan menambahkan  Technical Chart sehingga sangat membantu para investor maupun trader sebelum menentukan keputusan jual-beli. Kalian dapat mengakses chart tersebut secara langsung melalui link: https://analytics.rti.co.id/tview/index_tview.jsp

chart saham gratis RTI Trading View


Mengusung kerjasama dengan Trading View, maka Chart yang ditampilkan pun memiliki tampilan khas dari Trading View, namun kali ini Kita dapat menggunakannya secara gratis tanpa harus melakukan registrasi seperti pada website Trading View. Ada pun beberapa fasilitas yang dapat kita gunakan antara lain:

  • Timeframe : 5 menit, 15 menit, 1 hari, 1 minggu dan 1 bulan.
  • Chart Type : Bars, Candles, Hollow Candles, Heikin Ashi, Line, Area, Baseline
  • Chart Comparation
  • 81 Types of Indicator
  • Snapshot
  • Multy Frame Viewer (Add symbol in Chart Comparation)
  • Drawing Tools & Setup
  • Zoom In/Out


Meskipun fasilitas yang ada cukup terbatas, namun Chart ini cukup mudah digunakan hampir seperti pada penggunaan chart pada situs Investing.com. Sayangnya, kita tidak dapat menyimpan template drawing kita, sehingga ketika kita close situs tersebut dan kita buka ulang, maka chart akan kembali pada tampilan Default dan kita akan kehilangan seluruh pengaturan kita sebelumnya.


Tiga situs chart saham gratis tersebut sudah cukup mumpuni bagi Anda yang ingin mempraktikkan ilmu analisa teknikal tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun.  Selamat bereksperimen dan berlatih dengan ilmu analisa teknikal untuk memperoleh pendapatan dari saham secara lebih maksimal.


Orang yang memiliki sasaran, sukses karena mereka tahu ke mana akan pergi.” – Earl Nightingale


Related Posts