Senin, 03 April 2017

Keuntungan Memiliki Website Bagi Bisnis Anda

Webpage Profil Usaha Itu Penting!
Dalam era digital seperti ini telah merubah kebiasaan para pelanggan yang tentu sebagai seorang pengusaha harus selalu mengikuti langkah pelanggan kita. Saat ini pembeli sudah tidak lagi mencari informasi dari kenalan mereka, tidak lagi menanyakannya pada keluarga, rekan, atau orang-orang yang mungkin mereka temui dijalan. Sejak seluruh informasi berada dalam genggaman kita, bahkan dengan hanya mengatakan "Halo Google," apapun yang Anda cari akan tersedia.

Ya, tentu saja, apa pun dapat ditemukan dalam internet hanya jika terdaftar dalam mesin pencari. Oleh sebab itu pada tulisan sebelumnya, kami merekomendasikan Google My Business, tetapi itu hanyalah salah satu ruang yang harus kita isi jika Anda ingin bisnis Anda dikunjungi lebih banyak pelanggan yang berada di area sekitar lokasi bisnis Anda. Namun jika Anda ingin lebih dikenal secara global maka Anda harus memiliki lokasi sendiri dalam internet atau biasa disebut sebagai website. Sedangkan alamat website sendiri disebut sebagai domain.

Inilah keuntungan memiliki website bagi bisnis Anda:

1. Dapat ditemukan dari segala penjuru dunia

Internet benar-benar menghilangkan batas ruang dan waktu. Siapapun dan kapanpun orang yang ingin mencari segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, bisa saja menemukan Anda dalam mesin pencari seperti Google, Bing, Safari, dsb.

2. Memperkenalkan bisnis Anda pada siapapun

Ketika seseorang menemukan situs Anda dan menjelajahinya, mereka Akan belajar menilai bisnis Anda, mencoba mengenali dan mencari tahu lebih detail terkait bisnis yang rekan i-Bisnis jalankan. Inilah wajah bisnis Anda yang akan dikenali setiap pengunjung baru situs Anda.

3. Memberi kesan profesional

Tentu Anda akan lebih tertarik dengan sebuah lokasi bisnis yang memiliki website. Bagi pelanggan, sebuah badan usaha yang memiliki website terlihat lebih profesional karena jika sebuah badan usaha memperhatikan detail kecil seperti sebuah website, tentu mereka sebuah badan usaha yang sungguh-sungguh dan profesional.

4. Mudah dibagikan melalui media sosial

Salah satu kelebihan website adalah Anda dapat membagikan atau merekomendasikannya lewat media sosial atau aplikasi chat. Media sosial merupakan pasar yang tidak terbatas, tempat semua orang dari berbagai tempat berkumpul. Tak jarang hal ini dimanfaatkan sebagai lahan online marketing yang paling strategis. Jika Anda memiliki website, maka siapapun dapat memperkenalkan bisnis Anda hanya dengan menyalin alamat website Anda.

5. Mendatangkan keuntungan lebih

Anda akan terkejut atas dampak yang mungkin dapat terjadi dalam bisnis Anda hanya karena sebuah halaman website yang memperkenalkan bisnis Anda. Permintaan produk akan meningkat, bisnis Anda akan melonjak karena permintaan tidak hanya dari sekitar lokasi bisnis Anda, tetapi bisa dari manapun. Atau jika Anda memiliki bisnis dengan produk yang tidak tahan lama seperti sebuah restoran, maka pecinta kuliner akan berduyun-duyun berdatangan ke restoran Anda hanya karena mengenal bisnis Anda melalui website yang Anda miliki. Atau barangkali rekan i-bisnis bisa mendapat penawaran kerjasama dengan pihak lain yang menemukan website Anda dan tertarik dengan bisnis Anda.


Hosting Unlimited Indonesia

7 hal yang wajib ada dalam website bisnis Anda:

1. Detail Produk

Tampilkan produk andalan Anda pada halaman pertama website dengan penampilan se-menarik mungkin, jika perlu gunakan jasa graphic designer untuk mempercantik tampilan produk Anda. Jelaskan secara mendetail mengenai produk Anda, apa saja kelebihan yang dimilikinya dibanding kompetitor lain. Tetapi jangan memberikan pernyataan yang tidak benar atau berlebihan karena itu akan sangat mengecewakan pelanggan Anda.

2. Kontak

Kontak merupakan unsur yang cukup penting dalam website bisnis, jika ada seseorang yang tertarik dengan produk Anda dan ingin menanyakan lebih banyak atau jika ia ingin memesannya maka mereka akan mencari kontak Anda. Letakkan kontak Anda pada bagian paling atas atau di bagian paling dasar agar pengguna situs dapat mencarinya dengan mudah. Berikan kemudahan bagi pengguna dengan memberikan referensi kontak secara lengkap.

3. Alamat

Maraknya penipuan secara online seringkali membuat pengguna internet lebih memilih untuk mengunjungi lokasi bisnis secara langsung. Oleh sebab itu beri mereka petunjuk alamat yang lengkap pada website Anda, atau bahkan dapat Anda tuliskan alamat koordinat lokasi bisnis Anda agar pengunjung dapat mencarinya via layanan peta online seperti Google Maps.

4. Harga

Banyak pengunjung yang menutup kembali sebuah website hanya karena mereka tidak menemukan daftar harga atas produk yang mereka cari. Tunjukan bahwa Anda tidak bernegosiasi terhadap harga dan kualitas produk Anda. Hal ini justru akan memperkuat karakter produk Anda di mata pembeli.

5. Pernyataan dan Aturan

Hal ini cukup penting terkait hukum yang berlaku. Anda harus mempersiapkan beberapa pernyataan dan peraturan terkait penggunaan situs dan produk Anda dalam website. Sebagai contoh dapat Anda lihat pada halaman Disclaimer atau Privacy Policy halaman kami.

6. Visi dan Misi

Visi dan misi mungkin bukanlah sebuah hal yang wajib ada, tetapi dengan memberitahukan visi dan misi Anda, membuat pengunjung situs Anda memahami arah bisnis Anda, beberapa pengunjung mungkin akan tertarik mencoba produk Anda hanya karena mereka terkesan dengan visi dan misi bisnis yang Anda jalankan.

7. Kisah perjalanan bisnis

Sedikit cerita mengenai sejarah bisnis Anda mungkin dapat menjadi inpirasi bagi pengunjung situs dan ingin mengunjungi bisnis Anda untuk mencoba dan mencari tahu lebih jauh mengenai kisah bisnis Anda.


Itulah mengapa kami sarankan pada rekan-rekan i-Bisnis untuk memiliki sebuah website demi mengembangkan bisnis Anda kearah yang lebih baik.

Disqus Comments