Gunakan 5 Cara Ini Untuk Menemukan Ide Bisnis!

Cara Menemukan Ide Bisnis
Polemik yang sama dan terus terjadi di masyarakat yaitu tentang bagaimana menemukan ide bisnis yang sesuai. Banyak orang ingin memulai bisnis namun bingung karena metode yang salah. Orang-orang sangat senang membicarakan ide-ide bisnis dengan kerabat maupun rekan-rekannya. Sebagian besar tujuan masyarakat ingin berbisnis adalah untuk terbebas dari perusahaan dan untuk memperoleh kebebasan dalam finansial. Hingga berbagai informasi pun diterima setengah matang yang justru membuat keraguan semakin besar untuk memulai bisnis. Dalam hal ini Anda harus fokus pada tujuan utama dan melupakan mitos wirausahawan yang beredar di masyarakat.

Berikut ini 5 cara menemukan ide bisnis yang sebaiknya Anda coba:

1. Mengetahui hal-hal yang Anda suka

Menjalankan bisnis sesuai dengan hobi atau hal-hal yang Anda suka akan sangat membantu Anda untuk fokus pada bisnis yang Anda geluti. Namun menemukan hobi atau cara yang tepat agar dapat menghasilkan keuntungan merupakan hal yang tidak mudah meski bukan hal yang mustahil juga. Hal pertama yang harus Anda lakukan hanya melakukannya secara berkesinambungan dan menghasilkan lebih banyak dari yang biasa Anda lakukan untuk dijual. Selain dengan menjual produk riil hasil hobi Anda secara langsung, Anda dapat menjual jasa dari hobi Anda. Hampir tidak ada hobi yang tidak menghasilkan. Jika Anda tidak melihat ada keuntungan dalam hobi Anda maka coba untuk melihatnya dari sisi lain. Sebagai contoh jika Anda hobi bermain game, Anda dapat mencari keuntungan dengan membuat blog atau video youtube mengenai game dan mendaftarkannya pada layanan Google AdSense untuk mendapatkan penghasilan dari media tersebut.

2. Memanfaatkan keterampilan yang dimiliki

Cara ke dua dalam menemukan ide bisnis adalah dengan memanfaatkan keterampilan yang Anda miliki. Banyak pengusaha berhasil meskipun hanya lulusan sekolah menengah atau SMK. Sebagian besar pengusaha mendapatkan ide usaha dari ketrampilan yang mereka miliki. Keterampilan tersebut bisa Anda dapat selama sekolah hingga kuliah, mengikuti kursus, atau dari pengalaman Anda dalam pergaulan sehari-hari. Dengan berbekal keterampilan tersebut tentunya Anda dapat memulai bisnis sambil terus mengasah keterampilan yang Anda miliki.

3. Mengambil kesempatan dari lingkungan sekitar

Salah satu kunci keberhasilan beberapa pengusaha adalah bagaimana mereka melihat kesempatan yang ada dari lingkungan disekitar mereka. Kunci dalam melihat kesempatan ini dapat Anda temukan melalui problem yang terjadi di masyarakat yang ada dan menemukan solusinya, atau dengan melihat keunggulan tempat lain yang masih belum diterapkan dilokasi Anda tinggal. Perlu Anda ingat, bahwa dimana ada masalah, disana ada kesempatan untuk memperbaikinya dan merubahnya menjadi sebuah keuntungan.

4. Mencontoh keberhasilan orang lain

Ini merupakan metode dalam menemukan ide bisnis yang umum dilakukan masyarakat, yaitu dengan mencontoh keberhasilan orang lain. Namun dalam mencontoh keberhasilan seseorang sebaiknya Anda tidak hanya melihat dari hasil akhirnya saja, tetapi Anda harus bisa mencari tahu bagaimana memulai dan menjalankan proses bisnis tersebut hingga menjadi sukses. Banyak orang melakukan kesalahan karena mereka hanya melihat hasil akhir tanpa memahami proses yang mengakibatkan rasa tidak puas dan akhirnya berhenti menjalankan usahanya.

5. Mencoba dan terus belajar

Pengalaman merupakan guru terbaik. Seorang pengusaha mendapat pertanyaan tentang bagaimana ia berhasil, dan jawabannya adalah dari keputusan yang tepat. Lalu bagaimana ia memperoleh keputusan yang tepat? Yaitu dengan melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut. Tidak ada keberhasilan yang dapat diperoleh secara instan. Kebanyakan orang menginginkan kesuksesan yang cepat, tetapi perlu Anda ingat pepatah “easy come, easy go.”. Hal yang mudah didapat akan mudah berakhir pula.

Tidak ada bisnis yang berhasil dengan cepat kecuali Anda melakukannya dengan tekun, konsisten dan cerdas. Cobalah membuat daftar dari 5 metode tersebut untuk menemukan ide bisnis yang tepat bagi Anda. Buat susunan perencanaan dan kemungkinan yang bisa terjadi dari setiap ide tersebut. Pilih salah satu yang menurut Anda mampu Anda jalankan. Dan terakhir, lakukan. Bisnis yang gagal adalah bisnis yang berhenti dijalankan. Selama Anda masih mampu menjalankannya dengan terus belajar dari pengalaman maka bisnis tersebut masih berpotensi berhasil. Mulailah bisnis Anda dari kecil untuk meminimalkan dampak kerugian, setelah Anda yakin dan memahami bisnis tersebut maka selamat, Anda calon pengusaha berhasil selanjutnya.


Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih
EmoticonEmoticon