Manfaatkan Google My Business Untuk Meningkatkan Penjualan

Memanfaatkan layanan Google My Business
Upaya Google untuk mempermudah pengguna layanannya memang patut diacungi jempol. Salah satu layanan  menarik lainnya yang dapat rekan i-Bisnis manfaatkan secara gratis untuk meningkatkan penjualan adalah layanan Google Bisnisku. Lalu apakah layanan Google Bisnisku itu?

Saat Anda membuka aplikasi Google Maps untuk mencari sebuah lokasi, Anda akan menemukan beberapa titik berisi toko-toko, bengkel, bank, mall, restoran, dan beberapa layanan publik lainnya. Bagaimana mereka bisa muncul di peta? Apakah mereka membayar sewa khusus kepada Google? Jawabannya, tidak. Ini adalah sebuah fitur gratis namun saat ini masih jarang digunakan oleh para pengusaha lokal. Oleh sebab itu akan coba kami perkenalkan pada rekan-rekan i-Bisnis dalam artikel ini.

Bagaimana layanan Google Bisnisku dapat meningkatkan penjualan? 

Fitur-fitur dalam Google Bisnisku ini akan memberikan manfaat luar biasa bagi usaha Anda.

1. Akun Google Bisnisku

Google My business Map ViewAkun Google My Business akan terintegrasi langsung dengan akun G+. Bedanya, saat Anda mendaftar pada layanan Google My Business, Anda harus menunjukan lokasi usaha Anda, bidang usaha, kontak, dan data bisnis lainnya. Hal ini dimaksudkan agar data yang terdaftar dalam layanan Google My Business merupakan data valid, dengan begitu bisnis Anda pun akan dapat ditampilkan dalam pencarian google untuk lokasi terdekat.




2. Tag lokasi pada Google Maps

Ini adalah fitur yang paling penting. Dengan semakin majunya teknologi saat ini, orang sudah tidak lagi menanyakan alamat pada seseorang yang mereka temui di jalan. Namun dengan menggunakan layanan Google Maps, hampir segala lokasi dapat dicari dan ditemukan. Jika Anda mendaftarkan diri dalam layanan Google My business, maka setiap kali ada pengguna mencari jenis usaha yang Anda jalankan, bisnis Anda akan ditampilkan  dalam lokasi toko atau layanan bisnis Anda. Dengan begitu akan mempermudah pelanggan Anda maupun untuk mendatangkan pelanggan baru dalam mengunjungi lokasi bisnis Anda.



3. Foto dan Review

Google juga menyediakan sarana untuk mempromosikan usaha rekan-rekan i-Bisnis melalui spot foto maupun foto 360 yang dapat Anda unggah dalam profile. Pengunjung Anda pun dapat menambahkan foto mereka di lokasi bisnis Anda serta memberikan beberapa rating dan review yang dapat meningkatkan peringkat bisnis Anda dalam pencarian Google.



4. Berbagi di sosial media

Pelanggan Anda pun dapat membagikan momen keberadaan mereka di lokasi bisnis Anda ke media sosial dengan mudah. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda, karena dengan begitu, setiap orang akan lebih mengenal bisnis Anda.

5. Laporan analisa bisnis

Satu lagi fasilitas gratis yang akan cukup membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Google pun akan menghitung seberapa banyak orang mencari lokasi bisnis Anda dari waktu ke waktu. Berapa banyak orang yang mendatangi lokasi Anda melalui pencarian Google. Bahkan Google pun mencatat seberapa besar minat pengunjung dan apa yang mereka minati dalam bisnis Anda. Laporan dalam fitur Insight ini akan sangat membantu rekan-rekan i-Bisnis dalam menentukan bagaimana usaha Anda akan berkembang dan bagaimana mengembangkannya.


Layanan Google Bisnisku ini akan sangat membantu bagi rekan-rekan i-Bisnis pemilik toko offline agar dapat bersaing dengan toko online yang saat ini sudah cukup menjamur. Untuk mendaftarkan bisnis Anda dalam layanan ini, Anda dapat mengunjungi halaman Google My Business.

1 komentar so far

Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan memastikan bahwa setiap komentar pembaca telah kami terima, maka setiap komentar akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap tidak melakukan spam link, atau memberi komentar yang tidak berhubungan dengan topik artikel.

Terima Kasih
EmoticonEmoticon