Minggu, 23 April 2017

5 Cara Memulai Bisnis Kecil Agar Sukses

Tips Wirausaha Bagi Pemula
Memulai wirausaha memang bukan perkara mudah bagi seorang pemula. i-Bisnis akan mencoba membagi beberapa tips bagaimana cara memulai usaha skala kecil Anda dan mengelolanya hingga dapat tumbuh menjadi usaha mandiri. Bagi masyarakat Indonesia saat ini wirausaha masih menjadi sebuah alternatif kedua selain menjadi seorang karyawan untuk mencari pendapatan. Beberapa mitos tentang wirausaha menjadi momok tersendiri, selain itu jaminan pendapatan tetap menjadi alasan pertama masyarakat kita berebut mencari lowongan kerja. Padahal jika kita telaah jauh, hanya sekitar 20% karyawan yang bisa berkembang dalam sebuah perusahaan. Di sini lah banyak karyawan yang kemudian menyesali langkah yang mereka ambil. Karena alasan tersebut pula banyak wirausahawan baru dengan latar belakang eks-karyawan perusahaan setelah mereka menyadari bahwa bisnis itu memang tidak pasti tetapi jauh lebih menguntungkan.


Tips wirausaha bagi pemula dari skala kecil dapat kita ikuti pada tips berikut ini.

1. Memilih Jenis Usaha

Di sini lah i-Bisnis berusaha mengambil peran dengan membagikan berbagai gambaran jenis usaha yang dapat Anda jalankan sesuai kapasitas dan hobi Anda. Apapun keahlian Anda, Anda layak untuk mendapatkan penghasilan dari keahlian Anda dengan jumlah yang lebih memadai dibanding menjadi seorang karyawan. Referensi halaman diatas bisa memberi Anda berbagai gambaran bisnis mengenai perkebunan, peternakan, properti, kuliner, bisnis dengan modal ringan, maupun bagaimana mendapatkan penghasilan dari hobi Anda. Jika Anda ingin mencari jenis bisnis yang belum tersedia dalam web ini, Anda dapat mengirimkan pesan melalui form Contact Us, kami akan berusaha membantu Anda untuk mendapatkan referensi selengkap mungkin.

2. Belajar dan Belajar

Menjadi seorang pengusaha tidak lepas dari proses belajar dan terus belajar. Belajar bagaimana mengelola produk Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Belajar tentang marketing, bagaimana agar produk Anda dapat terjual laris. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai media, salah satunya dengan mendaftarkan email Anda dengan klik tombol subscribe diatas. Atau Anda dapat mencari tahu langsung pada pengusaha lain yang telah berpengalaman sambil mencari rekanan bisnis.

3. Memperbanyak Relasi Sosial

Relasi merupakan unsur yang sangat penting dalam memulai bisnis terutama bagi pemula, selalu jaga hubungan Anda dengan orang lain maupun dengan pelanggan mulai dari sikap jujur, saling menghargai, dan bersifat diplomatis. Coba mendengar kritik dan saran dari pelanggan Anda sehingga Anda bisa mengenali kekurangan bisnis Anda dan dapat mencari solusi untuk mengatasinya.

4. Mengelola Keuangan Bisnis

Salah satu kesalahan umum seorang pemula adalah lemahnya sistem administratif dalam pengelolaan keuangan. Dalam memulai bisnis, sebaiknya Anda mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan untuk menilai seberapa besar profit yang Anda dapatkan. Pembukuan tersebut berguna untuk menentukan alokasi berapa persen akan digunakan untuk pengembangan bisnis dan seberapa besar untuk menopang biaya hidup harian. Sebaiknya Anda memisahkan keuangan untuk bisnis dan keuangan untuk keperluan sehari-hari.

5. Inovasi Tiada Henti

Seperti yang pernah kami sampaikan dalam artikel Strategi bisnis untuk memenangkan persaingan, bahwa inovasi itu penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Keunikan bisnis Anda dapat menjadi sebuah nilai lebih dibanding pesaing Anda. Ciri khas usaha Anda akan menjadi daya tarik bagi pelanggan sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan lain dan tentu saja berakibat pada kenaikan penjualan dan keuntungan bagi Anda.


Meski bisnis Anda sudah dapat berjalan dengan lancar Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk terus belajar tentang berbagai hal agar bisnis Anda dapat berkembang dengan baik. Inilah saatnya Anda memerlukan bantuan karyawan, namun sebelum itu, perhatikan kemampuan Anda dalam memberikan upah yang sesuai pada karyawan Anda. Pilihan tepat untuk memilih karyawan pertama Anda dengan mencari pekerja paruh waktu. Dampingi karyawan Anda untuk beberapa bulan hingga Anda benar-benar yakin dapat memberikan kepercayaan penuh pada karyawan Anda.

Itulah lima tips wirausaha yang dapat i-Bisnis berikan bagi pemula yang ingin memulai bisnis. Jika tips ini bermanfaat bagi Anda, klik subscribe untuk mendapat informasi artikel terbaru kami langsung ke email Anda.


Disqus Comments